Open Order Senin-Jumat Jam 08.00 s/d 16.00 , Sabtu, Minggu & Libur Nasional Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Ini 7 Kode Bahan Plastik Yang Wajib Kamu Ketahui

Ini 7 Kode Bahan Plastik Yang Wajib Kamu Ketahui

Diposting pada 2 July 2018 oleh suryasuksesabadiprima | Dilihat: 811 kali

Kemasan plastik menjadi pilihan populer untuk segala macam kemasan dan peralatan rumah tangga dan hampir semua aspek kehidupan kita saat ini, sehari-hari kita pasti tidak pernah terlepas dari yang namanya Plastik. Yuk periksa kode plastik di bagian bawahnya untuk menambah pengetahuan apakah kemasan plastik yang kamu gunakan sudah aman selama ini .  Coba perhatikan pada bagian bawah semua produk berbahan plastik, biasanya terdapat logo segitiga berpanah dan terdapat kode huruf serta angka 1 sampai dengan 7 di dalamnya. Kode tersebut merupakan kode bahan baku plastik yang di gunakan. Kode-kode ini dikeluarkan oleh The Society Of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan di adopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, salah satunya ISO ( International Organization For Standarization). Penasaran apa arti masing-masing kode huruf dan angka tersebut, yuk mari kita bahas satu persatu :

1. PET (Polyethylene Terephthalate)

BOTOL ECO 1110 ML

BOTOL ECO 1110 ML

Ini brarti produk tersebut berbahan plastik Polyethylene Terephthalate, bertuliskan PET atau PETE dengan kode angka 1 di dalam gambar segitiga panah daur ulang. Kemasan plastik ini berwarna jernih atau bening, permukaannya halus, tidak mudah rusak atau pecah, bisa dipakai untuk makanan atau minuman panas. PET atau PETE mampu menghalangi Karbondioksida (CO2), Oksigen (O2) dan Air (H2O) keluar masuk kemasan. Oleh karena itu, PET sangat cocok di pakai untuk kemasan minuman ringan berkarbonasi (bersoda), air mineral dalam kemasan, jus, minuman olah olahraga, bir, obat kumur, saus, salad, dressing dan masih banyak lagi.Yang harus di perhatikan dari produk plastik berbahan PET ini adalah botol ini hanya sekali pakai, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya berkali-kali, apalagi mengisinya dengan air hangat atau air panas. Hal ini mengakibatkan lapisan polymer yang ada pada produk plastik PET tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik dan muncul racun DEHA yang terbukti menyebabkan masalah hati, kemungkinan sulit bereproduksi dan diduga dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

2. HDPE ( High Density Polyethylene )  

TUTUP BOTOL LONGNECK

TUTUP BOTOL LONGNECK

Plastik berbahan HDPE Atau High Density Polyethylene memiliki symbol daur ulang dengan kode angka 2 dan terdapat tulisan HDPE di bawahnya. HDPE memiliki ketahanan kimia yang baik,oleh karenanya HDPE biasa digunakan untuk membuat botol plastik susu atau jus, sampo dan conditioner, deterjen, pembersih, oli, pemutih, gallon air minum dan lain-lain. Plastik HDPE termasuk plastik yang paling sering di daur ulang dan dianggap sebagai salah satu plastik yang paling aman untuk digunakan. Plastik jenis ini dapat digunakan berulang kali Asalkan kebersihannya harus sering dijaga.

3. PVC ( Polyvinyl Chloride )

Pipa PVC

Pipa PVC

Plastik PVC atau polyvinyl Chloride merupakan plastik yang mudah di bentuk. Plastik berbahan PVC memiliki simbol segitiga daur ulang dengan kode angka 3 tulisan PVC atau V di bawahnya. PVC bersifat stabil, kuat, tahan terhadap sinar matahari dan cuaca serta memiliki ketahanan kimia yang baik. PVC fleksibel digunakan untuk pembuatan tas medis, tirai mandi, shrink wrap (plastik gulung untuk menutup wadah berisi makanan atau bahan mentah), dan bungkus daging, sedangkan PVC yang kaku untuk membuat bahan bangunan seperti pipa, dinding, bingkai jendela dan pagar. Namun ada hal yang harus di perhatikan, bahwa PVC dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang sangat serius. Bahan kimia untuk membuat PVC ini diklaim bisa menyebabkan kanker dan menghasilkan polusi klorin yang sangat tinggi. Ketika digunakan, zat aditif pada botol plastik berbahan PVC ini dapat terlepas dan membuat siapapun yang mengkonsumsinya terpapar timbal, timah serta bahan beracun lainnya. Oleh karena itu, PVC tidak boleh digunakan sebagai bahan pembuatan tempat makanan dan minuman. Selain itu PVC memiliki sifat yang sangat sulit di daur ulang. Dengan sifat-sifat tersebut, plastik PVC harus digunakan secara bijak agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

4. LDPE ( Low Density Polyethylene )

Plastik berbahan LDPE atau Low Density Polyethylene memiliki simbol segitiga daur ulang dengan kode angka 4 dan tulisan LDPE di bagian bawah. Plastik jenis ini relatif tangguh, fleksibel dan berwarna transparan. Baik digunakan untuk minyak sayuran serta bahan bersifat asam dan basa. Biasanya jenis bahan plastik ini digunakan untuk pembungkus dry cleaning, roti, makanan beku, produk segar, Koran, sampah rumah tangga, cling wrap, stretch film, tutup minuman, pelapis kertas Karton susu, botol yang mudah di remas dan mainan. Plastik berbahan LDPE ini relatif aman untuk digunakan. Daya perlindungannya terhadap uap air tergolong bagus, namun kurang Baik bagi gas-gas lain seperti oksigen. Bahan ini juga memiliki sifat yang mudah untuk di daur ulang.

5. PP ( Polypropylene )

PLASTIK PP-PABRIK HOUSEWARE SURABAYA

PLASTIK PP-PABRIK HOUSEWARE SURABAYA

Plastik yang memiliki logo segitiga daur ulang dengan kode angka 5 dan di sertai tulisan PP yang berarti plastik ini berbahan Polyproylene. Plastik PP memiliki sifat yang tangguh, ringan dan memiliki ketahanan terhadap panas yang sangat baik. Bahan ini bisa jadi penghalang bagi kelembapan, minyak dan bahan kimia. Penggunaannya banyak di temui dalam pembuatan tempat penyimpan makanan, botol minuman, botol minum untuk bayi, wadah yoghurt dan margarin, bungkus makanan, botol obat, saus, sirup, ember, kontainer boks, sedotan, pita, tali dan masih banyak lagi. Sifat-sifat baik yang dimiliki Polypropylene atau PP ini, menunjukkan baiknya juga bahan ini terhadap kesehatan. Plastik berbahan PP atau Polypropylene bisa digunakan berulang kali dan merupakan jenis plastik terbaik untuk kebutuhan rumah tangga.

6. PS ( Polystyrene ) 

Kemasan Plastik berbahan Polystyrene atau PS ini sebaiknya di hindari karena dapat membahayakan kesehatan dan sulit di daur ulang. Bahan Plastik yang memiliki logo daur ulang dengan kode angka 6 dan disertai tulisan PS ini memiliki ciri kaku, getas, buram, mudah di bentuk dan melunak pada suhu 95 derajat celcius. Kemasan plastik berbahan Polystyrene ini paling umum di gunakan untuk pembuatan Styrofoam. Bahan ini akan lebih berbahaya jika terpapar suhu panas. Jika terpapar suhu panas, minyak, alkohol dan makanan asam, bahan kimianya akan sangat mudah berpindah ke dalam makanan. Efek buruk dari bahan ini adalah dapat merusak kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita dan bisa mengganggu pertumbuhan dan sistem syaraf.

7. Other  

Kategori terakhir ini memiliki simbol segitiga daur ulang dengan kode angka 7 dan ada tulisan OTHER di bawahnya. Ini berarti kemasan plastik tersebut tidak terbuat dari enam bahan diatas. Ada 4 jenis plastik yang masuk dalam kategori ini, yaitu Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene ( ABS ), Polycarbonate ( PC ) dan Nylon. Menurut kementrian kesehatan RI, SAN dan ABS boleh digunakan untuk kemasan makanan dan minuman, sedangkan PC dilarang penggunaannya. Mengapa dilarang? Karena mengandung Bisphenol A ( BPA ) yang diduga dapat menyebabkan kerusakan genetik, kanker, obesitas, diabetes, mengurangi kelangsungan hidup dan pertumbuhan bayi ketika dilakukan tes pada hewan. Selain itu menurut hasil percobaan pada tikus laboratorium jika menggunakan produk ber_BPA, bahan kimia tersebut bisa terdeteksi dalam darah wanita hamil dan ASI manusia. Sebelum membeli tempat makan atau botol minuman plastik, disarankan untuk membaca kode di bawah kemasan. Mengetahui dan memahami berbagai kode pada kemasan plastik membuat anda semakin waspada dan sadar akan pentingnya kesehatan keluarga. Seperti kata orang bijak, “ mecegah lebih baik dari pada mengobati”. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Bagikan informasi tentang Ini 7 Kode Bahan Plastik Yang Wajib Kamu Ketahui kepada teman atau kerabat Anda.

Ini 7 Kode Bahan Plastik Yang Wajib Kamu Ketahui | Botol Plastik surabaya

2 komentar untuk Ini 7 Kode Bahan Plastik Yang Wajib Kamu Ketahui

  • onny says:

    mohon tanya, apakah ada produk Jar plasti PET 150 ml untuk sambel
    dengan spesifikasi sbb :
    diameter 5 cm
    tinggi 10 cm
    ada tutup plug dalam
    tutup luar warna putih

    saya posisi di Semarang
    mohon info lengkapnya
    karena saya industri rumah bidang produksi sambel membutuhkan kemasan tsb rutin.

    Terima kasih sblmnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
CUP 220 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

CUP 220 ML Rp 150
Ready Stock
Rp 150
Ready Stock
QUICK ORDER
CUP 120 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150
Ready Stock
Rp 150
Ready Stock
Popular!
QUICK ORDER
BOTOL 140 ML

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 750
Ready Stock
Rp 750
Ready Stock
SIDEBAR